BMW X1 Review

Setelah laris di pasaran dengan dua generasinya yang dirilis pada tahun 2009 dan 2015, kini BMW X1 dirilis kembali dengan bahasa desain yang baru dengan penambahan garis tegas dan teknologi modern khas dari pabrikan mobil Jerman ini. X1 keluaran 2019 ini digadang-gadang akan langsung mendobrak pasaran SUV mewah dan memberi persaingan yang ketat kepada para pesaingnya.

Terpadat beberapa perubahan yang diberikan dalam seri terbarunya ini. BMW juga menambahkan sejumlah fitur standar pada X1, seperti bantuan dalam pengoperasian kemudi termasuk sensor parkir, peringatan tabrakan, serta lampu depan otomatis. Selain itu, sistem navigasi yang telah dibarukan lalu lintas secara real-time dan sistem infotainment stan juga turut dihadirkan.

BMW X1

BMW X1. Photo of NDTV

Spesifikasi BMW X1

Untuk bagian mesinnya, BMW X1 keluaran tahun 2019 ini telah menggunakan mesin 2.0 liter Twin Power Turbocharged empat silinder standar dan memiliki 228 daya kuda. Telah dibuktikan bahwa X1 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 6.3 detik. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis berjenis Steptronic delapan percepatan.

Mesin Tipe Mesin : B 46A 2001 2.0 liter turbocharged empat silinder

Percepatan ; 6.6 detik (0-100 km/jam)

Tenaga Maksimal : 228 dk @ 5000 – 6000 rpm

Torsi Maksimal : 350 nm @ 1450 – 4500 rpm

Top Speed : 209 km/jam

Sistem Penggerak : Penggerak Roda Depan

Transmisi : 8 Percepatan Otomatis

Dimensi P (4439 mm) x L (1821 mm) x T (1598 mm)

Berat : 1677 kg

Jarak Poros Roda : 2670 mm

Kaki-kaki Suspensi : Independent Macpherson Strut

Ban Depan : P225/50V R18

Ban Belakang : P225/50V R18

Rem Depan :Discs

Rem Belakang : Discs

Interior BMW X1

Tata letak dari kokpit dan tampilan dalam mobil X1 terbaru ini tidak berubah dari generasi sebelumnya. Namun, hal yang membedakan dari para pendahulunya adalah gaya baru dengan penggunaan material baru dalam interior mobil ini. Selain itu, penambahan teknologi baru juga dapat dilihat dalam kabin seperti lampu dual-tone yang akan menyala ketika pintu depan dibuka.

Pada dashboar dalam mobil ini, terdapat sebuah sistem layar sentuh berukuran sebesar 8.8 inchi yang telah menggunakan sistem iDrive 6 disertai dengan 10.25 inch Touch Control Display sebagai opsi tambahan. Panel instrumen menekankan pada jahitan dengan kontras nada yang baru. Material interior berupa kulit dakota opsional mampu mencakup warna yang senada dengan dashboard.

Dalam bagian kabinnya jauh terasa lebih lebar jika dibandingkan dengan para pesaingnya pada segmen ini. Power front seat juga telah diberikan pada pengemudi agar memudahkan dalam mengatur posisi tempat duduk hanya menggunakan satu tombol saja. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan penyesuaian posisi kursi yang sehingga lebih mudah untuk mengaturnya ulang.

Eksterior BMW X1

Pada bagian depannya, perubahan paling besar yaitu adanya penambahan grill baru berupa elemen yang lebih besar dan menyatu pada bagian tengah. Dapat dibilang jika perubahan ini tidak mengherankan karena desain yang diusung mengikuti tampilan dari Seri 1 terbaru. Selain itu, pemasangan lampu LED baru dan juga bemper baru lengkap dengan lampu kabut juga diberikan.

Tidak ada perubahan yang berarti pada bagian samping dari X1 terbaru ini. Namun, mobil ini telah mendapatkan tiga pilihan warna baru yakni Juraco Beige, Bay Metallic, serta Misano Blue Metallic. Akan tetapi, sepertinya warna klasik yaitu Estoril Blue dihilangkan untuk seri terbarunya ini. Untuk veleg, mobil ini menggunakan Y-spoke yang tersedia dalam dua cita rasa 19 inchi ataupun 18 inchi. 

Pada bagian belakang, mobil ini menggunakan lampu berbentuk L yang telah didesain ulang dan dilengkapi dengan adanya pintu otomatis. Pipa pembuangan yang tadinya berdiameter sebesar 70 mm, kini diperbesar menjadi 90 mm. Selain itu tidak perubahan yang signifikan dari tampilan belakang hingga fasia bawah mobil ini.

Harga BMW X1

Dengan beberapa penambahan teknologi, maka kemungkinan harga dari BMW X1 keluaran tahun 2019 ini lebih mahal dari generasi sebelumnya. Menurut prediksi, X1 2019 akan dibuka dari harga 35.000 dolar atau setara dengan 500 juta rupiah.

Jika anda tengah berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan terbaik untuk menikmati indahnya kota budaya ini, sewa Avanza Jogja adalah pilihan terbaik bagi anda.