New Grand Suzuki Vitara 2.4 Review

Vitara adalah varian mobil dari Suzuki yang masuk ke dalam pasar mid-size SUV. New Grand Suzuki Vitara 2.4 dikenal sebagai kendaraan yang tangguh di medan off-road dan bersaing di segmen SUV. Karena harganya yang cukup murah, Vitara menjadi mobil yang cukup populer. Desainnya yang sport dan elegan membuat mobil ini juga cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan ala perkotaan.

New Grand Suzuki Vitara 2.4

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2.4

Vitara melaju dengan menggunakan bahan bakar bensin bersistem suplai MPFI. Kapasitas mesin mobil sebesar 2393 cc dengan horsepower mencapai 164 HP dan nilai torsinya yang hingga 225 Nm. Untuk edisi transmisi manual, level kecapatannya adalah 5 level. Sementara yang bertransmisi otomatis memiliki 4 level kecepatan.

Dimensi mobil ini memiliki panjang 4500 mm, lebar 1810 mm, tinggi 1683 mm, dan ground clearanse stinggi 193 mm. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan belakangnya menggunakan multi-link. Sayangnya, SUV ini tidak dilengkapi dengan fitur smart key. Beberapa fitur keamanan yang dimiliki mobil ini adalah alarm mobil, engine immobilizer dan perangkat anti maling.

Interior Suzuki Vitara 2.4

Desain trim sebagian berupa plastik keras dan sebagian lagi dilapisi oleh bahan yang empuk dan lembut. Warna trim hampir sama dengan keseluruhan warna interior yakni hitam. Di sisi driver, pintunya terdapat power lock dan tombol untuk mengatur kaca spion elektrik. Di sisi bawah ada cup holder, tempat penyimpanan dan juga sebuah speaker.

Bagian kemudi memiliki warna hitam dan terbuat dari bahan kulit. Kemudi sudah berupa tilt namun belum bisa teleskopik. Di sisi kiri stir ada audio steering switch sementara kanannya dibiarkan kosong. Di balik kemudi ada odometer digital dengan desain banyak lingkaran yang berbeda dengan desain Vitara sebelum facelift.

Sebagai sarana hiburan dan komunikasinya, bagan head unit ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang berteknologi tinggi. Selain monitor layar sentuh 6 inch, ada juga CD/ DVD player, radio AM/FM, speaker, dan soket USB. Kisi AC yang juga terletak di head unit bisa berfungsi sebagai pemanas. Pengaturan suhu ini dilakukan dengan mengandalkan automatic climate control.

Kursi penumpang terdiri dari dua baris dan mampu menampung hingga 5 orang dewasa. Bahan pelapis joknya berwarna hitam dan berupa kain yang halus. Pengaturan kursi hanya bisa dilakukan secara manual saja. Untuk keamanan, ada headrest, dual SRS air bag dan sabuk pengaman. Di bagian baris kedua, kursi bisa dilipat 60/40 untuk tambahan bagasi.

Exterior Suzuki Grand Vitara 2.4

Desain bagian depan mobil dibuat minimalis. Grillenya tidak terlalu besar dan didominasi oleh dua panel berwarna hitam glossy. Di bagian bawah grille ada panel krom yang memanjang sebagai dekorasi. Mobil facelift ini juga kini memiliki bumper dengan warna krom yang berada di sisi bawahnya.

Jenis lampu dan desain yang digunakan masih sama dengan Suzuki Grand Vitara edisi sebelumnya. Bentuk lampunya persegi panjang yang di dalamnya berupa lampu proyektor. Mobil juga sudah memiliki lampu kabut yang dibingai oleh warna hitam. Jenis lampu kabutnya adalah halogen. Sayangnya, SUV ini tidak memiliki DRL.

Ban mobil menggunakan Dunlop dengan profil 225/60 R18. Sementara velgnya berdesain standar dengan ukuran 18 inch. Di sisi samping mobil terdapat cap VVT yang menjadi jenis mesin Vitara. Kaca spion berwarna sama dengan bodi mobil dan terdapat sein. Begitu pula dengan warna handle dan Vitara terbaru sudah menggunakan akses keyless entry.

Desain lampu stop di sisi belakang memanjang ke bawah seperti Vitara edisi sebelumnya. Di pintu bagasi menempel ban cadangannya dengan tagline Suzuki. Di atasnya tidak ada uprear spoiler namun ada tambahan lampu stop kecil dan juga antena. Sayangnya di bagian belakang ini tidak ada kamera parkir maupun sensor parkir.

Harga Suzuki Grand Vitara 2.4

Seperti varian Suzuki yang lainnya, mobil besutan Jepang ini memiliki perbedaan harga berdasarkan jenis transmisinya. Begitu juga dengan New Grand Suzuki Vitara 2.4. Harga Vitara dengan transmisi manual dibanderol sekitar Rp 367 juta. Sementara Vitara bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp 378 juta. Berdasarkan dapur pacu, eksterior dan interior lainnya, keduanya memiliki spesifikasi yang sama.

Bagi anda yang sedang berada di kota Yogyakarta dan membutuhkan kendaraan untuk berkeliling di kota budaya ini, anda mendapatkan kendaraan terbaik di berbagai rental mobil Jogja dengan harga yang terbaik.