Suzuki Baleno Review

Tahun 2019, Suzuki mengeluarkan kembali seri Baleno yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu otomatis dan manual. Mobil Suzuki Baleno berdesain hatchback sehingga bersaing dengan Sirion, Yaris dan Mirage. City car ini mmemiliki performa yang lebih bertenaga namun tetap irit bahan bakar sehingga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno. Photo of Suzuki

Spesifikasi Suzuki Baleno

Baleno menggunakan mesin K14B dengan kapasitas 1373 cc bersilinder 4 dan berkatup 4 DOHC. Tenaganya mencapai 91 HP dengan nilai torsi 130 Nm. Di edisi terbarunya, terdapat dua versi Baleno yakni bertransmisi manual 5 level kecepatan dan otomatis 4 level kecepatan. Dimensi mobil memiliki panjang 3995 mm, lebar 1745 mm, tinggi 1510 mm, dan ground clearance setinggi 170 mm.

Sistem keamanan Baleno cukup lengkap, di antaranya adalah perangkat anti maling, alarm mobil, dan engine immobilizer. Hanya saja, mobil ini tidak memiliki akses smart key di pintunya. Sementara sistem keselamatan mobil sudah dilengkapi dengan airbag, sistem rem ABS dan EBD, sensor parkir, crash sensor, child safety locks, dan juga kantor pengemudi udara.

Interior Suzuki Baleno

Saat mobil dibuka, maka suguhan interior berwarna hitam yang elegan akan menyambut anda. Sisi pintu terbuat dari bahan plastik berdesain kulit jeruk dan sebagian dilapisi bahan yang empuk. Pengemudi memiliki kontrol central lock untuk jendela dan juga spion elektrik. Selain ada sentuhan lining krom, handle pintu bagian dalam dan luar juga berwarna sama.

Sisi dashboard mobil juga berwarna hitam. Mesin bisa dinyalakan menggunakan start-stp button di sisi kemudi. Kemudi sudah bisa tilt dan teleskopik namun sayang belum dilapisi kulit. Di balik kemudi adalah MID yang tampilannya sudah berupa 3D dan berwarna biru. Pengaturan MID ada pada tuas yang ada di belakang stir.

Baca Juga: New Grand Vitara 2.4 Review

Kapasitas penumpang sama seperti Suzuki Karimun yaitu untuk 5 penumpang dan terbagi ke dalam 2 baris kursi. Masing-masing kursi dilapisi bahan kulit dan belum dilengkapi fasilitas elektrik, jadi penyesuaian hanya manual saja. Bagi penumpang depan, terdapat airbag. Sementara faasilitas seperti adjustable headrest dan sabuk pengaman diberikan untuk semua penumpang.

Fitur hiburan yang ada di mobil ini belum memiliki monitor layar sentuh sehingga sifatnya masih opsional. Jenis audio mobil menggunakan jenis 2DIN di kedua tipe mobil Baleno. Namun fasilitaasnya cukup lengkap untuk mengusi kebosanan saat berkendara. Beberapa di antaranya adalah pemutar CD, radio AM/FM, speaker, koneksi bluetooth dan USB.

Exterior Suzuki Baleno

Edisi terbaru Baleno memiliki desain yang lebih baik, terutama di bagian lampu utamanya. Bentuknya seperti mata elang yang tajam. Di dalamnya ada lampu utama dengan teknologi LED proyektor, lampu DRL dan juga lampu sein yang masih menggunakan halogen. Bagian bawah ada sebuah foglamp dengan tipe lampu halogen dan diberi sentuhan bingkai berwarna hitam.

Ekstrior bagian depan memilki sebuah grille engan bentuk v-shape. Grille berbentuk lubang-lubang oval yang kecil dan warnanya adalah abu-abu. Sisi grille ini diberikan garis krom di bagian bawahnya yang memanjang hingga ke bagian atas lampu utama. Baleno terbaru juga diberikan tambahan bumper di bagian bawah dengan warna abu-abu sehingga terlihat lebih elegan dan mewah.

Jenis velg mobil menggunakan velg alloy dengan ukuran R16. Ban yang digunakan adalah Apollo berprofil 195/55 R16 dengan tipe radial. Kaca spion mobil memiliki warna yang sama dengan bodi dan ditambah dengan lampu sein. Dekorasi samping Baleno di antaranya adalah window line berwarna krom di sisi bawah, bodi molding berwarna hitam, dan side skirt dengan warna krom.

Di sisi belakang, desain terbaru moibil juga nampak segar. Lampu stop berdesain sebuah kotak tanpa sudut menggunakan lampu LED. Sementara lampu sein dan mundur menggunakan halogen. Di bagian atas ada sebuah rear spoiler dengan tambahan stop lamp. Selain ada kamera parkir, mobil juga ada 4 buah sensor parkir. Pintu bagasi bisa dibuka secara elektrik.

Harga Suzuki Baleno

Perbedaan transmisi membuat harga Suzuki Baleno juga menjadi berbeda. Baleno dengan transmisi manual dijual dengan harga Rp 213 juta. Sementara yang bertransmisi otomatis dijual dengan harga Rp 226 juta. Secara tampilan dan performa keseluruhan, keduanya tak memiliki perbedaan. City car ini prima di jalanan kota dan cocok untuk berkendara sehari-hari.

Jika anda saat ini sedang berada di kota Yogyakarta dan sedang mencari kendaraan bus, anda bisa mendapatkan armada yang terbaik dengan harga sewa yang ramah di rental sewa bus Jogja.